Jumat, 25 Juni 2010

ANALISIS WEB WWW.BURSABAJU.COM (TUGAS IMK PART 2 episode 2)

Postingan ini berhubungan dengan postingan yang sebelumnya. Postingan ini akan melanjutkan analisis web pada www.bursabaju.com.

2.5 Login
Website ini menyediakan form login untuk pengguna. Pengguna yang sudah menjadi member akan mendapatkan diskon-diskon yang ditawarkan website ini. Form login ini berada pada tengah halaman dimana pengguna harus melakukan scrolling untuk login. Selain itu, website ini memiliki halaman tersendiri untuk menmapilkan form login. Pada Bagian login form terdapat “Request new password” yang akan meminta email atu username pengguna untuk kemudian mengirimkan link yang harus dikunjungi pengguna ke email yang mereka miliki. Link ini nantinya akan masuk ke halaman dimana pengguna akan mereset password mereka dan memasukkan password yang baru.Pada halaman login juga terdapat link “create new account” untuk pengguna yang belum terdaftar sebagai member website ini. Hal-hal yang disebutkan diatas cukup membantu pengguna baik itu untuk mendapatkan password kembali maupun membuat akun baru pada website ini. Setelah pengguna login, bagian login form isinya akan berubah menjadi status login dari pengguna yang berisi username dari pengguna, cukup membatu pengguna untuk mengetahui status loginnya. Namun yang sangat disayangkan status login ini berada diurutan paling bawah yang membuat pengguna berfikir apakah sudah login apa belum. Website yang baik seharusnya membuat status login pada awal halaman website sehingga pengguna merasa dihargai ataupun lupa apakah sudah login apa belum.
Textarea pada username dan password juga sangat panjang, padahal jarang ada pengguna yang menuliskan username dan password yang panjang. Pada pengguna yang sifatnya simple, hal ini akan terasa menggangu.

Gambar Login Form
Gambar Login Status

2.6 Teks
Pada halaman testimonial, website ini menggunakan full teks. Terdapat bold pada pengirim testimonial. Berdasarkan penelitian, mata manusia akan hanya melihat yang di cetak tebal terlebih dahulu. Oleh karena itu, mereka tidak akan membaca testimonial tersebut. Selain itu tidak ada pembatas antar testimonial yang membuat bingung pengguna.



Testimonial juga merupakan factor penting suatu website dengan model virtual storefont ini. Testimonial akan meyakinkan pengguna untuk memutuskan membeli atau tidak produk yang ditawarkan. Penempatan teks yang baik akan membantu pengguna untuk membacanya dan penambahan gambar akan membuat pengguna tertarik membaca testimonial.

2.7 Scrolling
Pada sebuah web umunya pengguna sering melakukan scrolling, tujuannya supaya pengguna bisa menemukan informasi yang diinginkan. Namun penggunaan scroll tersebut tidak selamanya membuat pengguna senang karena dituntut untuk melakukan scroll berkali-kali . Biasanya pengguna dalam melakukan scroll hanya mau melakukan dua sampai tiga kali scroll. Terkadang web dengan penggunaan scroll yang banyak dam sering akan cepat ditinggalkan penggunanya.
Web www.bursabaju.com rata-rata menggunakan scroll satu sampai tiga kali dalam menampilkan informasi yang terdapat dalam satu halaman. Namun scroll yang panjang juga dilakukan ketika pengguna ingin melihat cara belanja dan produk yang ditawarkan pada halaman awal. Untuk mengatasinya diharapkan pada halaman utama, pengembang menampilkan produk yang ditawarkan website tersebut pada awal depan dan memindahkan cara belanja pada halaman lain, sehingga scroll yang dilakukan pengguna tidak panjang. Begitu juga dengan halaman lain seperti testimonial pada website ini. Pada halaman testimonial, testimonial dibuat memanjang dan sampai bawah sehingga testimonial yang berada di urutan paling bawah jarang tersentuh sama sekali oleh pengguna. Penggunaan scrolling yang baik dapat membuat pengguna menjadi lebih nyaman.

14 komentar:

  1. Penggunaan whitespace di bagian Testimonial terlalu rapat, sebaiknya dibuat lebih jauh antar komentar untuk membedakan :)

    BalasHapus
  2. Website ini membutuhkan terlalu banyak scrolling sehingga menyusahkan user

    Nice post :D

    BalasHapus
  3. wah, situs ini pinkerz banget ya...
    walaupun toko baju, seharusnya textnya tidak berwarna pink semua...

    text nya juga menipu, seperti ada link nya padahal tidak...

    BalasHapus
  4. Pengaturan dari tata letak menu sangat terabaikan sehingga ada beberapa fungsi penting yang terlewatkan, seperti fungsi login yang terletak di bagian bawah.

    Kristina Paskianti / G64070113
    http://kristinap07.student.ipb.ac.id

    BalasHapus
  5. penggunaan scroll boros banget, jadi gak efisien..
    betewe itu latarnya pink yah ??
    ieeuuhh banget...
    hehehehe

    BalasHapus
  6. Agar scrolling yang dilakukan tidak terlalu panjang, ada baiknya jika web tersebut menggunakan "paging". Ini merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan scrolling tersebut.

    Ella Rizkita
    http://ellar07.student.ipb.ac.id
    G64070020

    BalasHapus
  7. Agar scrolling yang dilakukan tidak terlalu panjang, ada baiknya jika web tersebut menggunakan "paging". Ini merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan scrolling tersebut.

    BalasHapus
  8. kurangnya gambar-gambar produk yang akan dijual sangat kurang di publish,,sehingga konsumen kesulitan untuk dapat melihat jenis-jenis produk yang ingin dijual.

    BalasHapus
  9. web ini kebanyakan scroll...kasihan user yg ga pake mouse ^^, cape scrollnya..

    BalasHapus
  10. Hm.. bener kata kamu, pertama lihat web-commerce seperti ini saya berharap langsung menemukan fasilitas login, tapi ternyata harus men-scroll dulu untuk menemukannya.

    Sedikit menambahkan untuk teks dan warna, menurut saya terlalu eye striking (haha) dan tidak variatif sehingga sangat membosankan.
    Seperti yang dibilang di komen sebelumnya, saya juga menemukan kejanggalan karena banyak teks yang di-underline ternyata bukan link :'(

    Fasilitas search-nya juga aneh karena harus masuk ke menu di Navigation terlebih dahulu. Satu kata deh buat website itu.. boring.. hehe..

    Nice posting, keep writing :)

    http://www.nadeea.co.cc/

    BalasHapus
  11. Sebaiknya penggunaan scrolling pada Web ini dihilangkan saja karena kemungkinan hanyasebagian kecil pengguna yang akan melakukan scrolling pada halaman-halaman di Web ini

    F24062130
    http://alhusnayaini88.blogspot.com
    http://ineum06.student.ipb.ac.id

    BalasHapus
  12. Nih website emng khusus buat cewek kaya'nay,. Warna backround dan konten yang terdapat didalmnya terkesan cewek banget

    BalasHapus
  13. wala... ini situs tampilannya rame banget... pusing gw liatnya... tulisan semua euy... males baca... >,<

    BalasHapus