Jumat, 25 Juni 2010

ANALISIS WEB WWW.BURSABAJU.COM (TUGAS AKHIR IMK PART 2 episode 1)

Postingan ini masih kelanjutan dari postingan sebelumnya. Postingan ini akan berisi tentang analisis saya terhadap www.bursabaju.com. Analisis ini akan dibagi menjadi dua postingan. Seperti yang saya beritahukan dipostingan pendahuluan, saya akan mengelompokkan poin-poin berdasarkan kondisi yang saya temukan.

2.1 Nama Website dan Halaman depan
Nama website sama halnya seperti nama manusia. Nama merupakan identitas yang akan memperkenalkan isi dari website kepada pengguna tentang web yang sedang mereka kunjungi. Pada www.bursabaju.com, nama sudah menunjukkan mengenai apa isi dari website tersebut. Pada halaman depan website ini juga terdapat kalimat “online fashion store” dimana pengguna langsung akan tahu apa yang ditawarkan website ini.Namun terdapat hal penting yang mungkin disepelekan oleh pengembang www.bursabaju.com, yaitu produk baju yang mereka tawarkan malah berada paling bawah dimana pengunjung akan men-scroll beberapa kali untuk melihat baju seperti apa yang mereka tawarkan.

2.2 Penggunaan bahasa yang kurang konsisten
Bahasa merupakan salah satu penilaian dalam konsep web usability. Web yang baik hanya akan menggunakan satu bahasa saja. namun, pada website ini ditemukan pemakaian dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
2.3 Kategori produk

Website ini tidak mengkategorikan koleksi mereka dengan tepat. Terdapat ketegori yang terpencar-pencar. Website ini kemungkinan garis besar mengincar pengguna dengan jenis kelamin wanita karena produk yang mereka tampilkan pertama kali hanya produk-produk wanita seperti baju atasan, baju terusan, dll. Hal ini memang cukup bagus karena pengguna dengan jenis kelamin wanita akan segera menemukan apa yang mereka cari, namun tidak baik jika halnya pengguna pria masuk ke dalam situs ini. Kemungkinan besar pengguna pria akan malas dan meninggalkan website ini.

2.4 Breadcrump

Breadcrumb digunakan untuk menginformasikan kepada pengguna mengenai posisi mereka saat ini. Dengan menggunakan breadcrumb, pengguna juga dapat menelusuri path yang telah dilaluinya sampai berada di posisi saat ini sehingga pengguna dengan mudah dapat kembali ke halaman sebelumnya. Pada website ini terdapat breadcrumb yang cukup membantu pengguna untuk mengetahui posisi mereka saat ini. Namun, terdapat suatu keanehan pada breadcrumb di website ini. Ketika pengguna berada dihalaman VIEW CHART, breadcrumb tidak muncul melainkan hanya seperti gambar dibawah ini:

Sedangkan jika pengguna berada pada home dan mengklik OUR COLLECTIONS, pengguna mendapatkan breadcrumb seperti ini:

Hal ini tentu saja membingungkan sedang dimana pengguna saat ini. Pengguna mungkin akan sangat bingung karena yang mereka klik adalah halaman login, namun yang ditampilkan pada website adalah “User account”. Penggunaan breadcrumb juga menjadi salah satu factor penting oleh karena itu disarankan pada pengembang untuk memperhatikan masalah breadcrumb ini.



3 komentar:

  1. enak banget yah kalo nyari kesalah... heeeee

    BalasHapus
  2. yup bener banget,,, ga ada satupun yang perfect di dunia ini termasuk saya kecuali ALLAH

    BalasHapus
  3. Pada saat pertama kali masuk ke web tersebut saya merasa agak pusing, mungkin karena warna tulisan yang digunakan terlalu terang dan juga tata letak dari web tersebut agak kurang rapi yang membuat saya tidak betak berlama-lama di dalam web tersebut. Saya setuju dengan pendapat dhieka dengan hal yang utama dari web ini malah ditaruh di bawah yang membuat pengguna harus mencari-cari dahulu.

    Fanny Risnuraini
    http://fannyr07.student.ipb.ac.id
    http://mysweetgirlz.blogspot.com

    BalasHapus