Jumat, 25 Juni 2010

PENDAHULUAN (TUGAS AKHIR IMK PART 1)

Berkaitan dengan postingan saya sebelumnya, postingan pertama ini akan berkaitan dengan pendahuluan.

1. Pendahuluan
1.1 Web Usability
Web usability merupakan factor yang sangat penting dalam mempertahankan siklus hidup suatu website ataupun dalam mengembangkan suatu website. Saat ini, para pengembang dituntut harus memahami benar prinsip-prinsip usability sebelum membuat suatu website. Menurut Jacob Nielsen, Usability didefinisikan melalui lima komponen, yaitu:
1. Learnability
Learnability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna untuk melakukan task-task dasar ketika pertama kali mereka melihat atau menggunakan hasil perancangan.
2. Efficiency
Efficiency menjelaskan tingkat kecepatan pengguna dalam menyelesaikan task-task setelah mereka mempelajari hasil perancangan.
3. Memorability
Memorability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan rancangan dengan baik, setelah beberapa lama tidak menggunakannya.
4. Errors
Errors menjelaskan jumlah error yang dilakukan oleh pengguna, tingkat kejengkelan terhadap error dan cara memperbaiki error.
5. Satisfaction
Satisfaction menjelaskan tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan rancangan.
Saat ini pengguna sudah cukup pintar dalam menilai suatu website. Website dengan usability yang rendah akan dengan cepat ditinggalkan oleh pengguna dalam hitungan menit. Banyak penelitian-penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui perilaku pengguna suatu website. Beberapa kondisi dimana suatu web ditinggalkan anatara lain:
1. Pengguna tidak tahu tentang website yang dikunjungi
2. Pengguna tidak mendapatkan apa yang diinginkan
3. Pengguna sulit menggunakan website
4. Navigasi website yang kompleks dan membingungkan
5. Petunjuk website tidak jelas, pengguna dibawa berputar-berputar saja

1.2 Web www.bursabaju.com
www.busabaju.com merupakan suatu website yang bergerak dibidang jasa dan perdangangan pakaian. Website ini menjual pakaian seperti baju atasan, baju terusan, jaket, dll seperti yang tertera pada koleksi mereka. Website ini menawarkan jasa pengiriman barang setelah pengguna membeli pakaian yang ditawarkan mereka.
Analisis terhadap website www.bursabaju.com dilakukan dengan merujuk pada beberapa buku salah satunya buku Prioritizing Web Usability karangan Jakob Nielsen. Pada buku tersebut dijelaskan bahwa terdapat dua belas poin penting yang harus dicermati dalam mengembangkan sebuah website, yaitu : 1. Nothing to Hide, 2. The Web User Experience, 3. Revisiting Early Web Usability Findings, 4. Prioritizing Your Usability Problems, 5. Search, 6. Navigation and Information Architecture, 7.Readability & Legibility, 8. Writing for the Web, 9. Providing Good Product Information, 10. Presenting Page Elements, 11. Balancing Technology with People's Needs,12. Design That Works
Selain merujuk kepada buku Prioritizing Web Usability analisis juga merujuk kepada buku Don`t make me think karangan Steve Krug. Analisis website www.bursabaju.com juga akan merujuk pada metode evaluasi heuristic oleh Nielsen.
Analisis yang dilakukan pada www.bursabaju.com tidak dikelompokkan berdasarkan metode-metode diatas, namun dikelompokkan berdasarkan poin-poin kondisi yang ditemukan pada website www.bursabaju.com.

Link : www.bursabaju.com

1 komentar:

  1. pertamax gan...hehe
    nice post lah...
    bingung udah laper klo di baca semua ada 3 episode... bcanya bersambung dulu y...

    BalasHapus